Hasil Final Euro 2021 Italia vs Inggris: Azzurri Juara, It’s Coming to Rome

Hasil Final Euro 2021 Italia vs Inggris

Italia keluar sebagai juara Euro 2021 setelah mengalahkan Inggris di final melalui babak adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Final Euro 2021 Italia vs Inggris dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Inggris pada 12 Juli 2021 pukul 2.00 WIB.

Final Euro 2021 merupakan final pertama bagi Inggris di turnamen bergengsi sejak menjuarai Piala Dunia 1966.

Italia, di sisi lain, terakhir kali tampil di final dan meraih juara Euro pada tahun 1968 setelah menang atas Yugoslavia.

Baca Juga: Donald Trump Kalahkan Joe Biden dalam Polling Pemilu AS 2024 Terbaru

Inggris unggul lebih dahulu melalui gol yang dicetak Luke Shaw pada menit ke-2.

Luke Shaw berhasil mengonversi umpan manis Kieran Trippier menjadi gol pertama untuk Inggris. Keunggulan The Three Lions bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Italia yang tertinggal mulai mendominasi permainan. Inggris berkali-kali digempur lewat serangan-serangan yang dilancarkan Federico Chiesa hingga Lorenzo Insigne.

Gol Italia akhirnya tiba pada menit ke-67 melalui Leonardo Bonucci memanfaatkan umpan Marco Verratti.

Gol Leonardo Bonucci lahir setelah terjadi kemelut di depan gawang Inggris. Bola liar berhasil dimanfaatkan Verratti dan akhirnya menemui kaki Bonucci.

Italia sempat mengurung Inggris setelah mencetak gol penyama kedudukan. Namun, Harry Maguire dan kawan-kawan mampu menahan setiap gempuran Italia.

Skor 1-1 berakhir hingga peluit panjang ditupkan wasit Bjorn Kuipers. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu 2×15 menit tidak mengubah skor 1-1. Walhasil, pemenang mesti ditentukan lewat adu penalti.

Dari 5 eksekutor Italia, Andrea Belotti dan Jorginho gagal menunaikan tugasnya. Penalti Andrea Belotti yang mengarah ke sisi kanan berhasil ditahan kiper Inggris, Jordan Pickford.

Penalti Jorginho yang mendatar ke sisi kiri membentur tiang gawang sebelah kiri.

Di sisi lain, 3 dari 5 eksekutor penalti Inggris gagal menunaikan tugasnya yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka.

Tinggalkan Balasan