Tarif Masuk ke Puncak Candi Borobudur Naik hingga Rp750 Ribu, Luhut: Kalo Cuma ke Kawasan Harga Biasa

Tarif Masuk ke Puncak Candi Borobudur Naik hingga Rp750 Ribu, Luhut: Kalo Cuma ke Kawasan Harga Biasa

Harga tiket naik ke puncak Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah bagi wisatawan melonjak seiring dengan peningkatan fasilitas destinasi wisata itu.

Baru-baru ini, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan angka cukup mengejutkan untuk membanderol tiket masuk Candi Borobudur.

Rincian tarif baru tersebut yaitu 100 dolar AS atau setara sekitar Rp1,4 juta untuk wisatawan mancanegara (wisman),dan Rp750.000 untuk turis lokal.

Luhut Pandjaitan mengatakan, meningkatnya harga merupakan respons terkait perubahan pembatasan hingga hanya 1.200 wisatawan yang diperbolehkan naik ke puncak Candi Borobudur per harinya.

Baca Juga: KontraS Kritik Instruksi Tembak Mati Begal dari Kapolda Jabar: Berpotensi Langgar HAM

“Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dolar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah,” tutur Luhut Pandjaitan lewat akun instagram pribadinya, seperti dikutip mci-indonesia.id, Minggu, 5 Juni 2022.

Luhut menambahkan, khusus untuk pelajar, pemerintah hanya membebankan biaya sebesar Rp5.000.

Adapun tarif bagi pengunjung yang hanya ingin masuk ke kawasan Candi Borobudur tidak berubah atau masih mengikuti harga yang berlaku sebelumnya.

Menurut Luhut, kebijakan tarif masuk ke Candi Borobudur tersebut diterapkan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah yang ada di Indonesia.

Luhut menyebut, semua turis nantinya diharuskan menggunakan pemandu wisata dari kalangan warga lokal sekitar kawasan candi.

“Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh,” ucap Luhut Pandjaitan.

Luhut memastikan harga itu layak diberlakukan, sebab kualitas dan kelengkapan fasilitas bagi wisatawan turut mengalami peningkatan.

Seperti penerapan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular, serta penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata.

Oleh karena itu, mulai Sabtu ini, pemerintah melaksanakan uji coba bus listrik tersebut di Magelang-Yogyakarta. Rute perjalanan shuttle bus meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan.

Dia lantas menegaskan, Indonesia tengah mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Masih dalam unggahan serupa, dia kembali menekankan Borobudur dikembangkan atas sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “’single authority agency.”

“Sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas,” ujarnya.

Alasan-alasan tersebut nyatanya belum memuaskan bagi publik yang merespons unggahan Luhut Binsar Pandjaitan.

Kolom komentar unggahan tertanggal 4 Juni 2022 itu dibanjiri protes lantaran harga dianggap tidak masuk akal.

Tinggalkan Balasan